[email protected] +62 858-9028-1080

Agar Punya Rumah di Surga

rumah di surga

wakafalazhar – Memiliki rumah yang nyaman, bagus, dan aman merupakan keinginan semua orang. Lebih dari itu, umat muslim juga tentu  mendambakan rumah di surga, rumah yang menjadi tempat berkumpul kembali bersama orang-orang yang dicintai di surga. Bukan tidak mungkin, Allah telah menjanjikan hambanya rumah di surga, yang artinya kita semua memiliki kesempatan untuk meraihnya.

Di antara beberapa amalan lain, salah satunya adalah membangun masjid. Namun, tentu saja tidak setiap kita memiliki harta berlimpah, atau tanah yang luas untuk diwakafkan agar dibangun masjid. Tetapi tak perlu khawatir karena sekalipun kita hanya ‘menyumbang‘ sebesar sarang burung untuk pembangunan masjid, Allah tetap akan mengganjarnya dengan pembangunan rumah di surga.

Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya sebesar sarang burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah, no. 738. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)

Imam Al-Bushairi dalam Misbaahuzzujaj (I/94) berkata: “Sanad hadits ini shahih”. Syaikh Al Albani juga menshahihkan hadits ini dalam shahiiihul jaami’ (6128)

Hadits tentang keutamaan membangun masjid juga disebutkan dari hadits ‘Utsman bin ‘Affan. Di masa Utsman yaitu tahun 30 Hijriyah hingga khilafah beliau berakhir karena terbunuhnya beliau, dibangunlah masjid Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam. Utsman katakan pada mereka yang membangun sebagai bentuk pengingkaran bahwa mereka terlalu bermegah-megahan. Lalu Utsman membawakan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangun baginya semisal itu di surga.” (HR. Bukhari, no. 450; Muslim, no. 533).

Banyak ulama menafsirkan secara sederhana yang dimaksud dari hadits ini adalah membangun dengan cara menyempurnakan bagian-bagian yang dibutuhkan agar masjid tersebut dapat berdiri kokoh (meskipun hanya sebuah bata) hingga pada akhirnya dapat digunakan untuk beribadah kepada Allah.

Maka, jangan keliru dengan beranggapan untuk membangun masjid harus memiliki harta yang melimpah dan mengeluarkan dana yang banyak. Kamu bisa wujudkan impian membangun masjid dengan mulai dari berapapun.

 

Wakaf Pembangunan Masjid Raya Al Azhar Tangerang Selatan

Masjid yang ada di Kampus SMP Islam Al Azhar 25 Tangerang Selatan beralamatkan di Jalan Kelapa Dua Nomor 50 Kelurahan Babakan Kecamatan Setu, Tangerang Selatan. SMP Islam Al Azhar 25 adalah tempat/lingkungan sekolah Al Azhar didirikan dengan berbagai kegiatan pendidikan yang diselenggarakan. Kampus ini berdampingan dengan masyarakat sekitar, sehingga syiar dan dakwah yang menjadi landasan pendirian sekolah Al Azhar juga harus sampai kepada masyarakat. Sehingga Masjid Raya Al Azhar ini, tidak hanya menjadi sarana ibadah dan pembinaan keagamaan bagi murid dan warga sekolah, tetapi juga menjangkau masyarakat di sekitar sekolah ini.

Masjid ini dibangun dengan dana wakaf dari para pewakaf baik yang berasal dari lingkungan sekitar maupun donator Wakaf Al Azhar. Memiliki 2 (dua) lantai, yaitu basement seluas 537 m2 dan lantai dasar seluas 779 m2, lantai satu seluas 690 m2 dan atap seluas 345 m2, dengan total bangunan seluas 2.351 m2. Masya Allah.

Sebagaimana tujuan awalnya, saat ini Masjid Raya Al Azhar Tangerang Selatan ini difungsikan sebagai tempat ibadah dan syiar keislaman bagi masyarakat sekitar. (*)

 

 

Leave Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *