[email protected] +62 858-9028-1080

Pentingnya Sanitasi yang Baik bagi Pesantren

sanitasi pesantren

wakafalazhar – Pondok pesantren sebagai representasi pusat belajar umat Islam tentu harus memastikan kesejahteraan penghuninya dengan berbagai fasilitas yang layak termasuk sanitasi. Hal ini kemudian menjadi lebih krusial karena pondok pesantren memiliki populasi yang padat.

Sanitasi yang buruk dapat meningkatkan risiko penyakit menular di antara santri yang tinggal dalam lingkungan yang padat. Dengan kondisi sanitasi yang baik, risiko penularan penyakit seperti infeksi saluran pernapasan, diare, dan penyakit kulit dapat diminimalkan. Hal ini mengingat santri biasanya berada dalam kontak langsung dengan lingkungan pondok, termasuk tempat tidur, lantai, dan fasilitas umum lainnya.

Sanitasi dan lingkungan yang bersih dan teratur juga penting untuk kesehatan mental santri. Santri yang tinggal dalam lingkungan yang kotor atau berantakan mungkin mengalami stres dan ketidaknyamanan, yang dapat mempengaruhi kesejahteraan mental mereka.

Fasilitas sanitasi yang memadai, seperti toilet, tempat cuci tangan, dan tempat mandi, sangat penting untuk menjaga kebersihan pribadi santri. Ketersediaan fasilitas sanitasi yang baik juga dapat meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan santri.

Namun, keadaan di lapangan tak selalu sesuai seperti yang diharapkan. Masih banyak pesantren dengan fasillitas yang kurang memadai karena pendanaan yang terbatas, biaya pendidikan yang murah atau bahkan gratis tidak mencukupi untuk membangun fasilitas yang baik.

Tim Wakaf Al Azhar, menghimpun setidaknya ada 7 (tujuh) pesantren dengan fasilitas sanitasi yang kurang layak. Pondok Pesantren Salafy Roudotul Atfal, contohnya, berada di Kp. Kebonkopi Desa Curug Badak. Kec.Maja, Kab.Lebak, Provinsi Banten memiliki kamar mandi dan wc yang hanya berdindingkan karung dan sarung bekas.

Hal serupa pun terjadi di Pesantren Al Miftahuddin, pesantren dengan bangunan kayu berdinding anyaman bambu ini memilliki fasilitas sanitasi yang tak berpintu. Hingga artikel ini ditayangkan, kondisi terkini dari fasilitas sanitasi pesantren tersebut sangat tidak bersih dan tidak higienis.

Dengan tujuan membangun MCK yang layak dan nyaman, Wakaf Al Azhar juga berharap program ini juga dapat membangun kesadaran masyarakat untuk memelihara dan memperhatikan lingkungan serta tidak menormalisasi sanitasi yang kurang layak.

Siapapun kamu, di mana dan dari manapun dapat turut membantu para santri tersebut mendapat fasilitas sanitasi yang layak dan sehat. Dengan berwakaf mulai dari 1000rupiah, klik DI SINI ya!

Lorem Ipsum

Leave Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *