Wakaf Saham

Wakaf saham adalah salah satu jenis dari wakaf produktif.
“Konversi saham syariah menjadi wakaf untuk keperluan produktif atau sosial. Dan Investor syariah terlibat aktif menjadi pelaku wakaf”.

wakaf saham pada prinsipnya dapat dilakukan dengan dua model. Pertama, wakaf yang bersumber dari keuntungan investor saham. Dan wakaf yang menjadikan saham syariah sebagai obyek wakaf

Nah, untuk wakaf saham model satu, sumber wakaf berasal dari bagian (%) keuntungan investor saham syariah, Kemudian model wakaf ini melibatkan AB-SOTS, sebagai institusi yang melakukan pemotongan keuntungan.

Keuntungan yang dipotong akan disetor kepada lembaga pengelola wakaf. Nantinya lembaga pengelola wakaf akan mengkonversi keuntungan tersebut menjadi aset produktif atau langsung dikonversi menjadi aset sosial (mesjid, sekolah, dan sebagainya).

Sementara itu, untuk model wakaf yang kedua, sumber wakaf berasal dari saham syariah yang dibeli investor syariah.

Yang diserahkan untuk keperluan wakaf adalah saham syariah yang dibeli (bukan keuntungan dari saham syariah).Saham syariah (yang akan diwakafkan) disetor/diserahkan ke lembaga pengelola investasi. Sedangkan, keuntungannya berasal dari pengelolaan saham syariah oleh pengelola investasi akan disetor ke lembaga pengelola wakaf.

Bahwa untuk wakaf saham model kedua ini, lembaga pengelola wakaf akan menkonversi keuntungan tersebut menjadi aset produktif atau aset sosial.

Saham syariah yang sudah diwakafkan tidak bisa diubah oleh pengelola wakaf tanpa seizin pemberi wakaf dan disebutkan dalam perjanjian wakaf.

 

Ingin tahu mengenai apa itu Wakaf Saham lebih lanjut?
Yuk Konsultasi Wakaf ke:  0852 1996 1007

Dukung Pengembangan Wakaf Al Azhar di
Facebook/Instagram/Twitter: Wakaf Al Azhar

Layanan Wakaf: Senin – Jumat : 08.30 WIB – 16.30 WIB
Alamat Kantor: Komplek Masjid Agung Al Azhar, Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Informasi Rekening Wakaf
Bank Syariah Mandiri: 701 500 555 8
Bank BNI Syariah: 221 210 712 2
Bank Muamalat: 324 000 124 0
Bank BCA: 070 301 466 3
Bank Mandiri : 126 000 711 115 5
Rekening Atas Nama : YPI AL AZHAR